Just another WordPress.com weblog

Taman Nasional Komodo, Ada orang yang menyebut tempat ini Jurassic Parknya Indonesia,Terletak di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo (TNK) didirikan pada tahun 1980 untuk melestarikan binatang langka Komodo (Varanus komodoensis) dan keanekaragaman hayati darat dan laut kawasan ini. Sebagai pengakuan dunia atas kekayaan alam ini, kawasan seluas 1.817 km2 ini dikukuhkan sebagai Cagar Manusia dan Biosfir serta Situs Warisan Dunia (World Heritage) oleh UNESCO pada tahun 1986

Kawasan Komodo menyajikan warna-warna alam yang kontras mulai dari  langit biru, laut biru kehijauan, ilalang menguning, tanah merah.
kawasan komodo menyajikan warna warni alam yg kontras.

Pulau Komodo terletak diantara pulau Sumbawa dan Flores. Keadaan alam di pulau ini terbilang kering dan gersang. Namun, hal itulah yang membuat keunikan untuk berwisata dan mengunjungi salah satu hewan purba yang masih hidup.
Ketika menginjakan kaki di Pulau Komodo, lapangan terbuka dengan pohon lontar yang menjulang tinggi dengan rangkaian pegunungan melatari daratannya. Kendati gersang dan tandus, tetapi suara-suara dari beberapa hewan liar seperti burung, kuda liar, ataupun komodo menjadi daya tarik tersendiri.
Trekking di savana. Seperti tidak berada di Indonesia
trekking di savana,seperti tidak berada di Indonesia
Tempat yang penting dikunjungi di Komodo:  Loh Buaya di Pulau Rinca dan Loh Liang di Pulau Komodo.
Loh Buaya di Pulau Rinca merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo,Alam di Loh Buaya sangat berbeda dibanding wilayah Indonesia kebanyakan. Ke mana pun mata memandang, terlihat bukit-bukit kecil yang didominasi rumput dan semak yang menguning di musim kering. Lazimnya savana, tidak banyak pohon yang tumbuh di sini. Di beberapa bagian menjulang pohon lontar secara bergerombol. Disini kita bisa menikmati alam savana dan tentu saja melihat komodo di alam liar mereka. Komodo disebut-sebut sebagai Naga terakhir yang masih hidup di bumi.
Di kawasan ini Komodo adalah raja rantai makanan karena tidak punya pemangsa. Mereka memangsa apa saja, mulai dari kerbau liar, rusa, termasuk bahkan anak komodo dan komodo dewasa. Lidahnya yang super sensitif bisa menangkap bau darah dari jarak lebih dari satu kilometer. Gayanya menangkap mangsa adalah dengan bermalas-malasan seperti tidak peduli, tapi begitu mangsa mendekat, secepat kilat mereka menyerang. Bila mangsa belum lumpuh dalam serangan pertama, air liurnya yang mengandung bakteri mematikan membuat mangsa yang sudah dilukai lama-lama akan lemah.
Komodo dragon

Komodo dragon

Loh Liang di Pulau Komodo,di pulau ini selain hewan komodo kita bisa melihat berbagai jenis burung liar seperti kakak tua jambul kuning sampai burung gosong. Di sini fasilitas turis mulai dari kamar kecil, toko cenderamata sampai ruang selamat datang sangat bagus dan bersih, didominasi unsur kayu bergaya minimalis. Tidak kalah dengan fasilitas turis luar negeri. Fasilitas ini dibangun atas kerjasama NGO konservasi, The Nature Conservancy (TNC) dengan TNK dan pemerintah melalui PT Putri Naga Komodo. Kerjasama ini diharapkan bisa melestarikan alam Komodo yang kaya tapi juga bisa membangun ekoturisme yang mandiri.
Selain pesona darat, alam bawah laut Komodo sangat mempesona. Menurut hasil penelitian TNC yang sudah lama membantu konservasi daerah ini, keanekaragaman hayati dan terumbu karang kepulauan ini sangat kaya. Paling tidak ditemukan lebih dari 1.000 spesies ikan, 385 spesies terumbu karang, 70 spesies sepon dan 16 spesies paus dan lumba-lumba.Tidak heran kalau Komodo menjadi salah satu lokasi selam terbaik di dunia.
Di kawasan Taman Nasional ini tinggal sekitar 4.000 penduduk yang tersebar di empat area pemukiman (Komodo, Rinca, Kerora, dan Papagaran). Semua kampung-kampung ini telah ada jauh sebelum tahun 1980, saat di mana area ini dideklarasikan sebagai Taman Nasional.
Bersama penduduk inilah pemerintah, Taman Nasional dan TNC bekerjasama untuk menjaga kekayaan alam Komodo.
Kita harus bangga bahwa Taman Nasional Komodo masuk dalam daftar 28 finalis Keajaiban dunia baru atau the new 7 wonders.
Taman Nasional Komodo merupakan satu-satunya andalan Indonesia dalam ajang ini.

Jadikan Komodo National Park sebagai 7 keajaiban dunia dengan melakukan vote di  http://www.new7wonders.com/ partisipasi teman-teman memajukan pariwisata Indonesia dan pelestarian alam bangsa kita..


Leave a comment